Tol Atas Laut di Bali Saingi Penang Bridge Malaysia dan Union Bridge Kanada - Blog Taufick Max
Headlines News :
Home » » Tol Atas Laut di Bali Saingi Penang Bridge Malaysia dan Union Bridge Kanada

Tol Atas Laut di Bali Saingi Penang Bridge Malaysia dan Union Bridge Kanada

Written By taufick max on Senin, 10 Juni 2013 | 22.01

Tol Atas Laut di Bali Saingi Penang Bridge Malaysia dan Union Bridge Kanada

Tol Penang Bridge Malaysia

 

Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa memiliki panjang 12,7 km diklaim hampir mengalahkan tol dan jembatan di Malaysia, Penang Bridge sepanjang 13,5 km. Bahkan tol yang akan diresmikan itu nyaris mengalahkan panjang Union Bridge di Kanada yang mencapai 12,9 km.

Hal ini disampaikan oleh Komisaris PT Jasa Marga Tbk Ibnu Purna Muchtar dalam keterangan tertulisnya, Selasa (11/6/2013).

Ibnu mengatakan, sejak awal pihaknya selalu menekankan bahwa pembangunan jalan tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa ini sebagai bukti atas karya mandiri anak bangsa. Ia beralasan karena Jalan tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa ini merupakan jalan tol pertama di Indonesia yang dibangun di atas laut.

"Dengan panjang sekitar 12,7 km, di mana sekitar 10 km berada di atas laut, panjang jembatan tol di Bali ini hampir sama dengan Penang Bridge di Malaysia yang panjangnya mencapai 13,5 km, atau Union Bridge sepanjang 12,9 km di Kanada," kata Ibnu dalam keterangan tertulisnya.

Ia menuturkan, desain dan konstruksinya sepenuhnya dikerjakan oleh putra-putra terbaik bangsa, dan dapat diselesaikan hanya dalam kurun waktu 14 bulan.

"Ini semua membuktikan bahwa kita memiliki kemampuan dan teknologi yang memadai untuk pembangunan jalan dan jembatan di atas laut," katanya.

Sekedar informasi, Penang Bridge merupakan jembatan tol dua jalur yang menghubungkan Bayan Lepas di Pulau Penang dan Seberang Prai di daratan Semenanjung Malaysia. Jembatan ini juga berhubungan dengan Jalan Lintas Utara-Selatan di Prai, dan Jalan Tol Jelutong di Bayan Lepas.

Jembatan tol ini dibuka pada 14 September 1985. Panjang keseluruhan jembatan ini sekitar 13,5 km, membuat jembatan ini salah satu jembatan terpanjang di Asia Tenggara dan merupakan landmark Malaysia.

Sumber : Detik.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !


BLOG INI ADALAH KUMPULAN REFERENSI DAN CATATAN PEMBELAJARAN
TAUFICK MAX

Semoga Bermanfaat Juga Bagi Anda yang Berkunjung Kesini

Info Populer

 
Copyright © 2011. Blog Taufick Max - All Rights Reserved
Template Created by Maskolis Template
Proudly powered by Blogger